Session
Initiation Protocol (SIP)
A. Pengertian
SIP
SIP adalah suatu
signalling protokol pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun,
memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau
beberapa pengguna. Sesi multimedia adalah pertukaran data antar pengguna yang
meliputi suara, video, atau text. SIP tidak menyediakan layanan secara
langsung, tetapi menyediakan fondasi yang dapat digunakan oleh protokol
aplikasi lainnya untuk memberikan layanan yang lebih lengkap bagi pengguna,
misalnya dengan RTP ( Real Time Tr ansport Protocol ) untuk transfer data
secara real - time , dengan SDP ( Session Description Protocol ) untuk
mendeskripsikan sesi multimedia, dengan MEGACO ( Media Gateway Control Protocol
) untuk komunikasi dengan PSTN (Public Switch Telephone Network). Meskipun
demikian, fungsi dan operasi dasar SIP tidak tergantung pada protokol tersebut.
SIP juga tidak tergantung pada protokol layer transport yang digunakan.
Pembangunan suatu
komunikasi multimedia dengan SIP dilakukan melalui beberapa tahap :
User location :
menentukan lokasi pengguna yang akan berkomunikasi.
User availability :
menentukan tingkat keinginan pihak yang dipanggil untuk terlibat
dalam komunikasi.
User capability :
menentukan media maupun parameter yang berhubungan dengan media yang
akan digunakan untuk
komunikasi.
Session setup :
“ringing”, pembentukan hubungan antara pihak pemanggil dan pihak
yang dipanggil.
Session management :
meliputi transfer, modifikasi, dan pemutusan sesi.
B. Komunikasi dengan SIP
Komunikasi pada SIP
dilakukan dengan mengirimkan message yang berbasis HTTP.
Setiap pengguna
mempunyai alamat yang dinyatakan dengan SIP-URI
(Uniform Resource
Identification).
Contoh SIP URI : sip:
kharisma@vansundan.com
Selain itu, alamat juga
dapat dituliskan dalam tel-URL yang kemudian dikonversikan
menja di SIP -URI dengan
parameter‘user’ diisi ‘phone’.
Contoh : tel:
+62-22-87702008
ekivalen dengan
sip:
+62-22-87702008@vansundan.com ; user=phone
Isi pesan di dalam
SIP didefinisikan dalam 2 format (RFC 3261)[14], seperti :
1. Request (dikirim dari
client to server), berisi operasi yang diminta oleh client.
2. Response (dikirim
dari server ke client), berisi informasi tentang permintaan status dari client.
Ada 6 tipe utama pesan
permintaan seperti di bawah ini[14] :
1) INVITE :
mengindikasikan jika user atau layanan sedang diundang untuk bergabung dengan
sesi.
2) ACK : mengkonfirmasi
jika client sudah menerima respon terakhir untuk permintaan INVITE, dan hanya
digunakan di permintaan REQUEST.
3) OPTION : digunakan
untuk mempertanyakan server tentang kemampuannya
4) BYE : dikirim oleh
client user agent untuk mengindikasikan server jika percakapan akan segera
dimatikan.
5) CANCEL : untuk
membatalkan permintaan yang sedang menunggu keputusan
6) REGISTER : digunakan
oleh client untuk mendaftarkan informasi kontak Respon pesan berisi kode status
dan informasi tentang kondisi permintaan.
Dan kode ini
dibagi menjadi 6 macam:
1) 1xx : Provisional,
permintaan sudah diterima dan sedang diproses
2) 2xx : Success,
permintaan sudah diterima, dimengerti dan disetujui.
3) 3xx : Redirection,
butuh tindakan lebih lanjut untuk memproses permintaan
4) 4xx : Client Error,
permintaan salah syntax dan tidak bisa diidentifikasi jadi server tidak bisa
memprosesnya.
5) 5xx : Server Error,
server gagal untuk memproses permintaan.
6) 6xx : Global Failure,
permintaan sama sekali tidak bisa diproses di server manapun
Arsitektur dari SIP
terdiri dari dua komponen yaitu user agent dan servers. User agent merupakan
end point dari sistem dan memuat dua sub sistem yaitu user agent client (UAC)
yang membangkitkan request, dan user agent server (UAS) yang merespon request.
SIP server adalah kesatuan fungsi logic, dimana tidak perlu memisahkan alat
secara fisik. Fungsi dari empat server tersebut yaitu:
1. Proxy Server : merupakan host jaringan yang
berperan sebagai perantara yang bertujuan untuk meminta request atas nama
client yang lain. Proxy harus bertindak sebagai server dan client, dia harus
mengarahkan SIP request pada user agent server, dan mengarahkan SIP respons
pada user agent client . Proxy server juga berfungsi untuk melakukan routing,
memastikan request disampaikan pada yang berhak menerima, dan juga membuat
kebijakan seperti menyakinkan bahwa pemakai tertentu diijinkan untuk melakukan
panggilan.
2. Redirect Server: merupakan kesatuan logika yang
mengarahkan satu klien pada perangkat pengganti dari Uniform Resorce indicators
(URIs) untuk menyelesaikan tugas request.
3. Registrar Server : menerima dan memproses pesan
pendaftaran yang mengijinkan lokasi dari suatu endpoint dapat diketahui
keberadaannya. Registrar Server ini kerjanya berhubungan dengan Location
Server.
4. Location Server : menyediakan service untuk
database abstrak yang berfungsi mentranslasikan alamat dengan kata / keterangan
yang ada pada domain jaringan.
Protokol SIP didukung
oleh beberapa protokol, diantara lain:
· IETF Session Description Protokol (SDP),
merupakan protokol yang mendeskripsikan media dalam suatu komunikasi. Tujuan
protokol SDP adalah untuk memberikan informasi aliran media dalam satu sesi
komunikasi agar penerima yang menerima informasi tersebut dapat berkomunikasi.
· IETF Session Annoucement Protocol (SAP),
merupakan suatu protocol yang setiap periode waktu tertentu mengumumkan
parameter dari suatu sesi konferensi.
· IETF Real-Time transport protocol (RTP),
menyediakan transfer media secara real time.
· Real-Time Control Protokol (RTCP), mengatur sesi
secara periodik mentrasmit paket yang berisi feedback atas kualitas dari
distribusi data.
· ITU_T Codec merupakan algoritma pengkodean yang
direkomendasikan, seperti G.723.1, G711, G.728, dan G.729 untuk audio, atau
H.261 untuk video.
C. Protokol Pendukung SIP
Kakao Talk
Mengingat popularitasnya yang
semakin mendunia, anda mungkin pernah mendengar tentang Kakao Talk ini
sebelumnya. Ini aplikasi VoIP memungkinkan anda untuk membuat panggilan dan
mengirim pesan teks melalui jaringan mereka secara gratis. Sesuai aturannya,
anda akan perlu mendaftar untuk dapat menggunakan layanan, yang berarti
teman-teman anda pun harus melakukan hal yang sama unutk bisa menikmati layanan
mereka.
Membuat panggilan dan mengirim pesan
teks atau SMS bukanlah satu-satunya hal bisa Kakao Talk dapat lakukan. Anda
dapat mengubah tema, bermain game, melihat pemberitahuan dari teman, dan bahkan
memeriksa barang-barang yang dijual disana. Untuk dapat menikmati beberapa
fitur tertentu mereka, anda harus mengeluarkan biaya, dan tentu ini tidak
menjadi masalah. Bagaimana pun juga, aplikasi ini harus mendukung dirinya
sendiri agar tetap eksis dalam beberapa cara.
Selain itu, antarmuka yang
disajikannya pun sangat user friendly, dan saya yakin tidak akan ada yang
kesulitan untuk mencoba berbagai aplikasi dari layanan mereka.
Tango
Anda mungkin akan terkejut oleh
aplikasi Tango ini karena fokus utama aplikasi ini adalah tidak benar-benar
sebagai VoIP atau SIP, karena aplikasi tersebut dibuat dengan tujuan utama
sebagai jaringan sosial. Meskipun demikian, anda masih dapat nelpon gratis dan
kirim sms gratis ke sesama pengguna. Aplikasi ini juga memiliki dukungan untuk
pesan gambar dan video, yang membuatnya menonjol dari aplikasi ini. Anda dapat
mengharapkan Tango untuk memiliki kualitas yang terbaik juga. Aplikasi ini
memenangkan sejumlah penghargaan, dan aplikasi itu sendiri dibanggakan karena
memiliki "kualitas yang hebat" melalui koneksi 3G, 4G, dan Wi-Fi.
Seperti sebagian besar aplikasikami
sajikan ini, Tango sangat mudah digunakan. Pembuatan accountnya pun sederhana
dan navigasi di sekitar aplikasi terasa sangat alami. Sayangnya anda hanya
dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang memiliki account di Tango, mungkin
meyakinkan teman-teman anda untuk mencoba aplikasi ini yang agak sulit.
Viber
Viber adalah satu lagi VoIP yang
memungkinkan untuk menelepon gratis melalui jaringan mereka. Tidak hanya
menelepon gratis yang akan anda dapatkan, anda juga dapat mengirim pesan,
stiker, emoticon, dan fitur aplikasi lainnya. Seperti aplikasi sebelumnya, teman
anda akan memerlukan akun Viber untuk dapan menelepon dan kirim pesan pesan..
Aplikasi ini juga sangat mudah untuk
dinavigasidan hanya umumnya memang mudah digunakan. Satu-satunya yang mungkin
kekurangan untuk aplikasi ini seperti halnya aplikasi lainnya adalah bahwa anda
perlu untuk membuat account anda di Viber menggunakan SMS sebelum memakai
aplikasi ini . Ini akan menjadi agak menjengkelkan jika anda tidak memiliki
mengatur pesan teks pada perangkat ponsel anda, karena harus menemukan cara
lain untuk mengaktifkan Viber.
Selain itu, Viber adalah aplikasi
yang sangat luar biasa yang telah didownload di Play Store. Setidaknya,
aplikasi ini layak untuk dicoba.
Vox
Vox adalah salah satu solusi yang
lebih sederhana untuk kebutuhan VoIP dan SIP anda. Aplikasi ini juga cukup
aplikasi sederhana. anda dapat menelepon dari account Vox anda, yang mana anda
harus membayar untuk panggilan tersebut. Vox membuat daftar harga panggilan
telepon untuk berbagai negara.
Selain itu, anda akan memiliki
dialer sebagai layar muka utama, dan tombol menu dapat digunakan untuk
bernavigasi di seluruh aplikasi. Selain untuk panggilan, ada dukungan SMS juga.
Tentu saja, dengan mengirim pesan SMS, harga permenit akan dipotong dari
account Anda, yang berarti deposit waktu yang digunakan untuk melakukan
panggilan akan berkurang.
Mengingat kesederhanaan aplikasi
ini, dibutuhkan hanya sekitar semenit untuk membiasakan diri anda dengan fitur
yang ada. Bagaimana pun juga, ini adalah aplikasi yang cukup bagus namun dengan
fungsi yang terbatas.
Wi-Call
Daftar terakhir dalam aplikasi ini
adalah WiCall. Aplikasi ini mirip dengan vox, dimana aplikasi ini adalah
aplikasi dialer antarmuka. Sayangnya aplikasi ini tidak bisa mengirim pesan
teks SMS, yang berarti aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk menelepon.
Seperti vox, WiCall adalah layanan berbayar, sehingga Anda akan perlu
menambahkan uang ke account Anda untuk membuat panggilan telepon. Deposit anda
akan dipotong ketika anda melakukan panggilan telepon.
Aplikasi WiCall tampaknya agak
kurang fitur dibandingkan dengan aplikasi lainnya yang sejenis, yang berarti
pula aplikasi ini cukup sederhana dan mudah dipelajari. Yang harus anda cari
tahu adalah bagaimana untuk menambah uang ke akun WiCall
anda. Setelahnya, baru anda dapat menggunakan dialer untuk menelepon orang lain
dengan nomor WiCall Anda.
D. Aplikasi SIP
Aplikasi
• Voice over
Internet Protocol (VoIP)
• Konferensi multimedia
• Text -
messaging
• Event -
notification -> voicemail notification, callback notification
• Unified Messaging -
> voicemail2email
E. Kelebihan SIP
Kelebihan
1) General –
purpose
SIP dapat diintegrasikan
dengan protokol stadar IETF lainnya untuk membuat
suatu aplikasi yang
berbasis SIP.
2) Arsitektur yang
terdistribusi dan scalable
• Proxy - server
• Redirect - server
• Registrar - server
• Location – server
3) Sederhana
Pengiriman message
berbasis HTTP (text-based), bukan binary - based.
Hal ini menyebabkan SIP
mudah diimplementasikan.
4) Mobility
• Seorang pengguna dapat
menerima message/call yang ditujukan kepadanya.
meskipun berpindah dari
satu lokasike lokasi lainnya. Proxy - server akan
meneruskan call ke
lokasi pengguna pada saat ini.
• Device yang
digunakan dapat berupa PC, baik di rumah maupun di kantor,
wireless phone,
IP - phone, ataupun telepon biasa.
5) Layanan dapat dibuat
dengan Call Processing Language
(CPL) dan Common
Gateway Interface (CGI), antara lain :
• call waiting,
call forwarding, call blocking (basic feature)
• call - forking
(melakukan call kepada beberapa endpoint)
• Instant - messaging
• Find - me /
follow-me
Pada
umumnya ada 3 tahapan implementasi SIP yang dapat dijelaskan sebagai berikut :
Menghubungkan
SIP Proxy ke existing PBX
Migrasi
User dan terminal ke SIP Proxy
Migrasi
koneksi ke PSTN dari existing PBX ke SIP
Step 1: Tahap pertama adalah
menghubungkan SIP proxy dengan PBX system existing sebagai gateway ke
PSTN. Untuk menghubungkan dari IP Network ke PSTN, SIP proxy akan me-routing-kan
seluruh panggilan dari panggilan VoIP ke PSTN. Link koneksi bisa
menggunakan PRI ISDN maupun T1. Pertama yang harus dilakukan adalah setup
SIP proxy (SIP call manager), setelah set-up berjalan dengan
baik, selanjutnya tinggal menghubungkan ke PBX existing dengan
link ISDN, E1 atau T1.
Step 2 : Tahap selanjutnya
adalah migrasi existing user dan services ke
SIP. Migrasi semua handset ke SIP baik menggunakan gateway maupun
mengganti dengan handset yang native SIP.
Pendekatan dengan menggabungkan keduanya biasanya menjadi pilihan yang baik.
Selanjutnya adalah set-up SIP application server untuk
mengakomodasi fitur-fitur yang dibutuhkan user seperti voice mail, multi-party
conferencing,IVR, fine me follow me dan masih
banyak lagi fitur yang disupport SIP.
Step 3 : Tahap 3 adalah
melakukan routing panggilan ke luar melalui koneksi
internet.Banyak operator memulai menjual SIP based dengan
menawarkan layanan long distance dengan harga yang lebih
murah. Yang perlu diantisipasi adalah nature network internet yang unpredictable (seperti jitter dan error
rate) dan tentu saja security. Sebagai tahap awal SIP
dapat digunakan sebagai alternatif untuk melakukan panggilan ketika diluar
kantor atau teleworkers.
Source :
http://monacindo.blogspot.co.id/2014/04/session-initiation-protocol-sip.html
Izin save pict
BalasHapusIzin save pict
BalasHapus